List Building Tanpa Autoresponder?

by Henri

Sejak beberapa bulan yang lalu saya memulai mengumpulkan list. Menurut kata para pakar-pakar internet marketing: "The money is in your list". Saya pikir-pikir, benar juga kata mereka. Namun ini tentu saja tidak semudah kedengarannya. Orang-orang yang tergabung dalam list kita tidak akan sekonyong-konyong menghasilkan uang begitu saja buat kita. Sebelum list ini dapat menghasilkan buat kita, tentunya ada perlakuan khusus kita kepada anggota list kita.

Perlakuan ini bertujuan agar mereka merasa nyaman dan mendapat sesuatu yang berarti bagi mereka jika mereka subscribe ke list kita. Jika mereka sudah merasa nyaman dan percaya dengan kredibilitas kita, maka jika suatu saat kita menawarkan sebuah produk (yang terbaik tentunya) kepada mereka, maka mereka akan membeli produk tersebut. Hal ini selain karena produk itu memang bagus, namun yang paling menentukan adalah karena kita yang menjualnya. Jika kredibilitas kita sudah dipercaya, maka mereka pun dengan senang hati membeli produk itu. Namun yang terpenting: jangan menjual produk yang jelek ke subscriber kita.

Untuk memulai list building ini tentunya memerlukan modal, yaitu Autoresponder. Autoresponder ini akan mengirimkan email follow up ke tiap subscriber kita secara berkala sesuai setting kita. Autoresponder profesional biasanya memasang tarif bulanan, mulai 9$-20$ per bulan. Rekomendasi yang sering saya terima adalah menggunakan Aweber, GetResponse dan EmailAces. Namun saya sendiri menggunakan Norabots.

Setelah beberapa saat menjalankan list building, seorang teman menawarkan sebuah sistem list building yang menurut saya bagus sekali, yaitu MVS. Jika kita mempunyai situs MVS, kita bisa membangun list, dan list kita juga bisa membangun list nya, dan otomatis list yang mereka peroleh juga akan menjadi list kita. Jadi semacam multilevel, namun yang diperoleh adalah leads.

Bagi pemilik MVS, keuntungan yang diperoleh adalah semakin banyak member yang membangun list, maka list pemilik MVS ini akan terus bertambah dengan sendirinya. Enak bukan? Tentu saja, karena pemilik ini yang mengeluarkan biaya bulanan, maka itu jika ada nilai lebih yang didapat, itu wajar…

Namun apakah keuntungan bagi member yang subscribe ke MVS ini? Tentu saja, mereka juga bisa membangun list mereka, tanpa perlu membayar sepeserpun. Member bahkan bisa mengirimkan email sampai ke 10 level kedalaman. Member juga tidak perlu repot-repot membuat squeeze page (halaman untuk menarik subscriber), karena sudah disediakan oleh pemilik MVS. Inilah keunggulan MVS jika dibandingkan Autoresponder biasa. Bahkan bagi member yang sudah memiliki Autoresponder berbayar seperti Aweber, GetResponse dan EmailAces, mereka dapat meng-integrasikan Autoresponder ini dengan sistem MVS, jadi setiap list dibawah mereka akan masuk ke database Autoresponder mereka. Jadi dalam hal ini, antara pemilik MVS dan member sama-sama untung, yang bahasa sono nya Win-win solution.

Lalu apakah ada keterbatasan bagi member yang gratisan ini? Iya, member hanya dapat mengirimkan email follow up ke subscriber mereka 5 hari sekali. Member juga tidak bisa menambahkan produk ke sistem MVS. Yang bisa menambahkan produk ke sistem MVS ini hanyalah pemilik MVS yang bersangkutan. Produk ini digunakan sebagai hadiah agar orang tertarik untuk bergabung di list kita.

Contoh squeeze page MVS bisa dilihat disini.
Jika Anda subscribe di squeeze page diatas, maka otomatis Anda akan menjadi member MVS yang gratis dan bisa mulai membangun list Anda, meskipun tanpa Autoresponder.

Teman saya Maurice Snell juga sudah menulis reviewnya tentang MVS ini. Maurice adalah seorang member di MVS saya, dan hingga postingan ini ditulis, Maurice adalah top refferer di MVS saya. Anda bisa baca reviewnya disini.

0 komentar:

Technology Factory Headline Animator

Designed by Posicionamiento Web | Bloggerized by GosuBlogger